Kamis, 06 November 2014

Penyebab Rasa Gerah Sebelum Hujan

Hujan . Peristiwa alam yang paling ditunggu anak-anak, manusia galau, penduduk daerah bercuaca panas atau kalangan lain yang memiliki kepentingan berkaitan dengan hujan. “Syukur, sudah ada bau (seperti) tanah” “Terasa gerah nih, berati sudah mau hujan..” Dua tanda-tanda umum yang menyegarkan hati penantinya. Seperti yang akan dibahas di sini, muncul satu pertanyaan. Apakah penyebab rasa gerah sebelum turun hujan? 

img source :

Kita biasa menyangka penyebabnya adalah udara yang suhunya memanas. Ternyata, rasa gerah itu timbul akibat kelembaban udara yang menurun, yang menandakan uap air yang berkurang di sekitar kita. Hal itu terjadi karena adanya Ekspansi Adiabatis (pergerakan massa udara secara vertikal), ketika uap air bergerak lebih cepat ke atmosfer. Uap air inilah yang akan membentuk awan yang kemudian menurunkan hujan.

Selain itu, penyebab panasnya keadaan sebelum langit menangis adalah lepasnya panas laten ke atmosfer. Tapi, bukannya udara akan lebih sejuk karena sinar matahar terhalang awan mendung? Yang sebenarnya terjadi adalah, panas yang kita rasakan merupakan efek pelepasan panas laten ke atmosfer akibat proses perubahan uap air menjadi titik-titik air, yang selanjutnya akan melepaskan kalor/panas ke udara.

Demikian sedikit penjelasan untuk menjawab rasa ingin tahu kita. Semoga bermanfaat :) 

Source :

2 komentar: